Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan dan Manfaat Balance Scorecard

Setelah memelajari teori tentang pengukuran kinerja menggunakan Balance Scoreard, adakiranya saya akan memaparkan manfaat dan keunggulan dari Balance Scorecard itu sendiri, yang saya rangkum dari berbagai sumber.

Keunggulan Balanced scorecard dalam konsep pengukuran kinerja yang memiliki
karakteristik sebagai berikut:


a. Komprehensif : Sebelum konsep Balanced Scorecard ditemukan, perusahaan beranggapan bahwa perspektif keuangan adalah perspektif yang paling tepat untuk mengukur kinerja perusahaan. Setelah keberhasilan Balanced Scorecard, para eksekutif perusahaan baru menyadari output yang dihasilkan oleh perspektif keuangan sesungguhnya merupakan hasil dari  tiga perspektif lainnya, yaitu pelanggan, proses bisnis internal dan pembelajaran pertumbuhan. Dengan adanya perluasan pengukuran ini diharapkan manfaat yang diperoleh oleh perusahaan adalah pelipatgandaan keuangan di jangka panjang dan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk memasuki arena bisnis yang kompleks.

b. Koheren : Balanced Scorecard mewajibkan personal untuk membangun hubungan sebab akibat diantara berbagai sasaran yang dihasilkan dalam perencanaan strategik. Setiap sasaran strategik yang ditetapkan dalam perspektif non keuangan harus mempunyai hubungan kausal dengan sasaran keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung.

c. Seimbang : Keseimbangan sasaran strategik yang
dihasilkan dalam empat perspektif meliputi jangka pendek dan panjang
berfokus pada faktor internal dan eksternal. Keseimbangan dalam Balanced Scorecard juga tercermin dengan selarasnya scorecard personal staf dengan scorecard perusahaan sehingga setiap personal yang ada dalam perusahaan bertanggung jawab untuk memajukan perusahaan.

d. Terukur : Dasar pemikiran bahwa setiap perspektif dapat diukur adalah adanya keyakinan bahwa “if we can measure it, we can manage it, if we can manage it, we can achieve it”. Sasaran strategik yang sulit diukur seperti pada perspektif pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan dengan menggunakan Balanced Scorecard dapat dikelola sehingga dapat diwujudkan.

Adapun manfaat Balanced Scorecard (BSC) bagi organisasi atau perusahaan menurut  Kaplan dan Norton (Gultom, 2009), antara lain :

  1. Mengklarifikasikan dan mengkomunikasikan strategi keseluruh organisasi.
  2. Menyelaraskan sasaran departemen dan individu dengan strategi organisasi.
  3. Mengkaitkan sasaran strategis dengan target jangka panjang dan anggaran tahunan,
  4. Mengidentifikasikan dan menyelaraskan inisiatif strategi,
  5. Melaksanakan peninjauan strategi secara periodik,
  6. Mendapatkan umpan balik yang dibutuhkan untuk memperbaiki strategi.
Sedangkan menurut Gunawan (2000), keunggulan Balanced Scorecard:

a. Adaptif dan responsif terhadap perubahan lingkungan bisnis
b. Fokus terhadap tujuan perusahaan Keunggulan Balanced Scorecard lainnya adalah:
  • Merupakan sekumpulan pengukuran yang memberikan pandangan bisnis yang luas dan komprehensif kepada manajer puncak.
  • Memberitahukan akibat terjadinya kegagalan.
  • Meminimumkan kelebihan informasi yang membatasi jumlah pengukuran yang digunakan.
  • Menggabungkan pengukuran finansial dan pertumbuhan dan operasional pada kepuasan konsumen, proses internal, inovasi organisasi, dan pertumbuhan organisasi.
  • Mendorong manajer untuk melihat bisnis dari empat pandangan, yaitu keuangan, pelanggan, proses internal bisnis serta pembelajaran dan pertumbuhan.
 Adapun aplikasi Balance Scorecard memberikan manfaat sebagai berikut :
  1. Memungkinkan perusahaan untuk terus memantau perkembangan dalam membangun keunggulan kompetitif dan meningkatkan nilai aktivitas tak berwujud yang dibutuhkan bagi masa depan perusahaan.
  2.  Menjaga agar tidak timbul pandangan yang sempit atas kinerja perusahaan yang akan terjadi apabila hanya digunakan tolak ukur tunggal dalam motivasi dan mengevaluasi kinerja unit bisnis.
  3. Menjembatani pengembangan dan formulasi strategi dengan penerapanya.
  4. Menumbuhkan konsensus dan kerjasama diantara para senior eksekutif dan anggota organisasi yang lain, baik secara vertikal maupun horizontal.
  5. Menterjemahkan sebuah visi menjadi tema-tema kunci strategik yang dapat dikomunikasikan.
Tujuan yang ditetapkan dalam implementasi Balanced Scorecard akan membantu dalam (Lasdi, 2002):
  • Memberi pedoman dalam penentuan tujuan-tujuan dan ukuran scorecard
  • Mendapatkan komitmen dari partisipan proyek
  • Mengklarifikasi kerangka kerja bagi pelaksanaan dan proses manajemen yang harus dilaksanakan setelah penyusunan scorecard awal. 

Dalam prakteknya penerapan konsep Balanced Scorecard ini tidaklah semudah yang diperkirakan karena penerapan konsep ini membutuhkan suatu komitmen dari manajemen pusat maupun karyawan yang terlibat dalam organisasi. Menurut Mavrinac (1999) sebagian besar perusahaan atau organisasi mengalami kesulitan pendeteksian terhadap keselarasan aktivitas dan strategi perusahaan dengan tujuan yang hendak dicapai oleh organisasi dalam jangka panjang. Sasaran strategi dalam perspektif pelanggan, proses internal bisnis serta  pembelajaran dan pertumbuhan merupakan sasaran yang tidak mudah diukur, namun dalam pendekatan Balanced Scorecard sasaran di ketiga perspektif tersebut menjanjikan perwujudan berbagai sasaran strategi non-keuangan, sehingga kinerja keuangan dapat berlipat ganda.

Balanced scorecard merupakan alat manajemen yang digunakan untuk mendongkrak kemampuan organisasi dalam melipatgandakan kinerja. Oleh karena organisasi pada dasarnya adalah institusi pencipta kekayaan, penggunaan Balanced Scorecard dalam pengelolaan menjanjikan peningkatan signifikan kemampuan organisasi dalam menciptakan kekayaan (Fitrianasari, 2004).

Semoga bermanfaat,.........


Sumber:  
http://id.shvoong.com/business-management/accounting/2179484-definisi-balanced-scorecard-dan-manfaatnya/#ixzz2nQfMYKRO
http://www.denyismy.name/2013/05/keunggulan-dan-manfaat-balanced.html
http://repository.widyatama.ac.id/xmlui/handle/10364/624 
Rosa Rusdaya, 2005 "Manfaat penerapan metode Balance Scorecard dalam Penilaian Kinerja Perusahaan" Skrpisi. Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama.

Posting Komentar untuk "Keunggulan dan Manfaat Balance Scorecard"