Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apalah Arti Sebuah "Nilai" ....

“Apalah artinya komulatif nilai tinggi kalau bukan dari hasil jerih payah kita sendiri……”
"Jangan takut ! Berapapun hasil nilai kita, tak akan menghalangi kita unutuk menjadi orang sukses.......yang penting kita berilmu."

Komulatif Nilai merupakan istilah yang sering didengar dibangku pendidikan formal. Nilai merupakan komulatif hasil dari evaluasi materi yang diberikan. Dari hasil Nilai inilah para pelajar dan pendidik sedikit banyak mengetahui kemampuan  tiap-tiap individu pelajar, karena biasanya untuk memberikan penghargaan prestasi kepada pelajar dilihat dari komulatif nilai yang tertinggi. Jadi komulatif nilai merupakan tolak ukur kemampuan siswa atau pelajar dalam menempuh bidang yang dimumpuni. Sehingga sering para pelajar berebut dan berlomba untuk mencari nilai yang tertinggi dalam tiap bidang subject. Mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik dengan mengupayakan mencari nilai yang maksimal atau nilai yang tertingggi.
                 
Jalan yang mereka tempuh pun berbeda-beda, untuk mendapatkan nilai yang baik, the best score or result. Mulai dari mereka berusaha belajar dengan sungguh-sungguh, dengan semangat dan dedikasi tinggi dalam memahami materi-materi yang diberikan oleh tenaga pendidik. Adapula yang hanya mencari perhatian dan pendekatan secara personal dengan baik kepada tenaga pendidik, dengan harapan mereka dapat nilai yang baik dari tenaga pendidik tersebut. Ada juga mereka hanya ingin nilai yang baik namun tanpa didasari dari hasil kemampuan sendiri, mereka melakukan segala cara untuk mendapatkan nilai yang tinggi, dari mendekati teman yang lebih pandai ketika ujian atau exam, agar bisa mencontek atau melakukan kecuranagan lain dalam exam. Mereka tempuh hanya semata-mata untuk mencari nilai yang baik, yang mereka anggap sebagai ajang bergengsi ketika mendapat nilai baik.

Apalah arti sebuah nilai yang tinggi, kalau tanpa didasari dengan kemampuan diri sendiri dan bukan dari hasil jerih payah sendiri. Apalah arti sebuah angka diatas kertas, tanpa ada dasar kemampuan dari otak kita sendiri. Apalah arti sebuah raport bagus kalau kita tidak berilmu. Berapapun hasilnya kalu itu adalah hasil nilai sendiri merupakan suatu kebanggan tersendiri. Hasil buruk memberikan motivasi tersendiri untuk lebih meningkatkan kembali belajar. Hasil baik merupakan tolak ukur kita atas jerih payah yang kita lakukan dalam belajar dengan giat. Nilai jelek pun tak mengahalangi hak kita untuk menjadi orang sukses, begitu pula nilai tinggi bukan merupakan jaminan untuk bisa menjadi orang sukses. Oleh sebab itu marilah kita berniat belajar menuntut ilmu untuk menghilangkan kebodohan kita, niat belajar agar mampu menguasai materi yang dimumpuni sesuai dengan keahlian untuk diamalkan nantinya. Untuk mengamalkan ilmu dibutuhkan kemampuan dan penguasaan dalam bidang materi tersebut.

Semoga ilmu yang apa kita cari bisa bermanfaat untuk diri kita sendiri khusunya dan untuk orang lain pada umumnya. Mari kita belajar menjadi anak didik yang jujur, giat dan semangat. Bangsa kita membutuhkan sosok generasi yang jujur dan cerdas. Semoga ilmu kita berguna bagi Nusa dan Bangsa. Amiiiiin

                                                                                                                                

*************
Coretan Afivwae
Surabaya, 11 Desember 2012

Posting Komentar untuk "Apalah Arti Sebuah "Nilai" ...."