Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Strategi e-Business Dalam Mengembangkan Bimbel

Pendahuluan
Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tatalaku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara, perbuatan mendidik (Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2002 : 263). Pendidikan merupakan bagian terpenting dari suatu negara. Dimana ketika tingkat pendidikan disuatu negara rendah maka akan mempengaruhi sumber daya manusianya, sehingga perkembangan negara juga akan terhambat. Tingkat pendidikan di Indonesia saat ini masih tergolong rendah. Dari hasil tes internasional dan data yang ditemukan seperti tingkat kelulusan antara 2006 dan 2010, menunjukkan bahwa tingkat pendidikan di Indonesia rendah. Indonesia berada di posisi terbawah bersama Meksiko dan Brasil.

Upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan Indonesia, dimulai dengan perbaikan fasilitas serta perubahan sistem pengajaran yang tercermin dalam kurikulum 2013. Dalam kurikulum ini diharapkan terjadinya peningkatan dan keseimbangan antara kompetensi sikap (attitude), keterampilan (skill) dan pengetahuan (knowledge). Dalam sistem belajar mengajar siswa dituntut untuk belajar mandiri. Tuntutan ini mengharuskan siswa untuk mendalami terlebih dahulu materi yang akan diajarkan di sekolah. Hal ini yang menjadi peluang untuk memfasilitasi mencari pengajar untuk membantu pemahaman pembelajaran di sekolah. 

Disisi lain mahasiswa sebagai siswa yang telah memalui jenjang SD, SMP, dan SMA memiliki potensi untuk menjadi tenaga pengajar. Mahasiswa terkadang memiliki waktu luang yang ingin dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan untuk menambah uang saku. Dari fenomena diatas, kami berinisiatif untuk membuka bisnis yang menjadi penengah antara siswa yang membutuhkan pengajar sebagai orang yang membantu dalam menyelesaikan tugas sekolah dengan orang yang mencari pekerjaan. 

E-Bimbel sebagai salah satu penghubung untuk menfasilitasi kebutuhan pengajar serta kebutuhan pelajar. Hal ini akan menjadi tumpuhan bagi konsumen yang meliputi  siswa/i SD,SMP,dan SMA. Media belajar yang dibantu dengan media internet untuk menfasilitasi mencari informasi tentang bimbingan belajar dan memberikan peluang bagi siapa saja yang berkompeten untuk membantu mengajar sesuai  dengan bidang mata pelajaran yang dimampuinya.

Deskripsi Bisnis 
E-business yang ingin dibangun dalam tugas ini mengenai bimbingan belajar dan menyalurkan tenaga mahasiswa dan umum sebagai pengajar baik privat maupun kelompok untuk murid mulai SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Bimbingan belajar ini memiliki regional-regional tertentu berdasarkan provinsi, kota, maupun kabupaten di seluruh Indonesia. 

Type E-Business: B2C (Business to Customer)
Analisa Teknis:
  • Menyalurkan tenaga mahasiswa dan umum sebagai pengajar baik privat maupun kelompok untuk murid mulai SD, SMP, SMA.
  • Bimbingan belajar ini memiliki regional-regional tertentu berdasarkan provinsi, kota, maupun kabupaten di seluruh Indonesia.
  • Pengajar memiliki surat perintah untuk memberikan les privat
  • Materi yang diajarkan adalah mata pelajaran yang telah disepakati sebelumnya

Analisa Market:
  • Target E-bimbel ini adalah siswa-siswi SD, SMP, SMA di Indonesia.
  • Segmentasi dari E-bimbel adalah dari semua kalangan dari baik menengah atas maupun menengah kebawah.
  • Posisi dari E-bimbel adalah perusahaan yang bergerak di bidang pendistribusian jasa yang masih baru untuk model e-bisnis. Oleh sebab itu posisi e-bimbel masih grow.

Analisa Finansial:
Pemasukan : untuk target 
  • Pendapatan berasal dari iklan yang ada di website
  • Registrasi awal tenaga pengajar
  • Tiap pengajar yang mendapat murid akan dikenakan biaya per-murid tetapi hanya sekali saja di awal
Customer
Target konsumen yang dibidik berdasarkan model “customer segmentation specialists” dimana konsumen di kategorikan berdasarkan tingkatan pendidikan seperti TK, SD, SMP, SMA. 

Supplier
Bisnis penyalur tenaga pendidik ini mempunyai market share di seluruh Indonesia sehingga supplier-nya dari seluruh Indonesia. Supplier perusahaan ini adalah organisasi penyalur tenaga pendidik di lingkungan kampus di seluruh Indonesia. Selain itu, system untuk recruitment tenaga pendidik ini juga dilakukan oleh organisasi ini sendiri. Tenaga kerja yang di rekrut sendiri untuk sementara hanya yang berada disekitar organisasi atau dapat mendaftar secara online sebagai tenaga pengajar dengan syarat dan ketentuan tertentu. 

Competitor
Kompetisi di Dunia online misalanya http://mvprivate.net46.net/ yang menyalurkan tenaga pengajar tetapi hanya di area sekitar.  http://www.hcsfamily.com/bimbel.html misalnya adalah bimbingan belajar yang telah ada di semarang. Bimbingan belajar seperti ini hanya membuat e-bisnis berbasis web. 

Strategic Analysis
Strategi adalah pola tindakan utama yang dipilih untuk mewujudkan visi organisasi melalui misi. Strategi juga suatu sasaran untuk mencapai tujuan akhir atau sasaran akhir, bersifat rencana yang disatukan, mengikat semua fihak atau bagian perusahaan. Strategi bersifat menyeluruh meliputi semua aspek penting perusahaan dan bersifat terpadu yaitu semua bagian rencana serasi satu sama lain dan bersesuaian.  Pada bagian ini akan dibahas mengenai faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi arah dan tindakan perusahaan, serta strategi-strategi dalam menentukan masa depan perusahaan dengan cara pemasaran produk melalui media internet.

************
Untuk melihat lebih lanjut dokumen analisis strategi  agan bisa langsung download file dibawah ini :

Just Share

Posting Komentar untuk "Strategi e-Business Dalam Mengembangkan Bimbel"