Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tahun Baru Hijriyah : Momentum Untuk Hijrah Menjadi Yang Lebih Baik

Setiap orang selalu ingin kebaikan pada dirinya dan kehidupannya, tidak ada satupun manusia menginginkan keburukan dalam hidupnya. Kebiakna menjadi nilai tawar yang tak terbantahkan untuk setiap orang. Dalam momen pergantian tahun ini, marilah kita bersama-sama intropeksi diri atas segala tindakan dan proses yang kita jalani selama tahun yang sudah kita lalui. Mari kita coba mengevaluasi proses hidup kita, sudahkah kita berjalan menuju kebaikan ataupun sebaliknya.

Andaikata kita sudah berjalan pada koridor yang sudah kita tentukan mari kita mencoba untuk melangkah kembali menuju koridor yang lebih baik. Terus berupaya untuk menambah dan menambah yang lebih baik lagi. Andaikata tahun yang sudah kita lalui selama ini masih dalam koridor yang salah dan tak terarah, mari kita melangkah hijrah menjadi yang lebih baik. Perubahan harus diawali dari dirikita sendiri, jangan bermimpi merubah lingkungan kita, kalau toh kita masih belum bisa merubah diri kita sendiri ke yang lebih baik. Fokus tentukan target dan tujuan untuk memperbaiki pribadi kita sendiri, mulai dari aktivitas, sikap dan tindak laku kita. Banyak orang bermimpi untuk merubah dunia, tapi mereka lupa untuk merubah dirinya sendiri.

Perubahan tidak akan terwujud tanpa adanya dasar kemauan dari kita untuk merubah ke lebih baik. Perubahan hidup kita akan ditentukan oleh perubahan sikap kita sendiri. Oleh sebab itu mari kita rubah sikap kita, maka kehidupan kita akan berubah. Perubahan bukanlah suatu hal instan, kita harus menyadari semua perubahan memiliki konsekuensi yang harus kita lewati. Gejolak jiwa akan pasti muncul saat kebiasaan kita terusik dengan perubahan yang akan kita jalani. Oleh karena itu dibutuhkan komitmen dan kesabaran untuk melalui segala rintangan terhadap peruabahan yang akan kita lakukan. Capaian yang besar dilalui dengan melakukan hal yang kecil. Perjalanan 1000 mil dimulai dengan 1 langkah kecil. Oleh sebab itu mari kita rancang target dan tujuan kita kedepan untuk menjadi yang lebih baik dimata Tuhan. Yang terpenting adalah tancapkan niat dan kemauan untuk berubah dan hijrah menjadi insan yang lebih baik lagi. 

Momentum hijriyah sebagai bahan refleksi kita atas apa yang sudah kita laukan selama satu tahun yang sudah kita lalui. Apabila tahun ini kita masih tetap seperti tahun lalu maka kita termasuk orang yang rugi, apalgi kita jauh lebih buruk dari tahun lalu maka kita termasuk golongan yang lebih merugi. Maka dari itu mau tidak mau, suka tidak suka kita harus hijrah dari kebiasaan buruk ke kebiasaan yang baik, sikap yang buruk mengarah ke sikap yang baik. Tentunya pada tahun hijriyah ini mari kita tentukan terget-target ukhrowi sebagai poin utama.


Semoga niat baik kita untuk hijrah di tahun hijriyah diridhoi Allah SWT, dan semoga kita juga diberi kemudahan untuk melakukan  hal-hal baik. Diberikan keteguhan hati untuk tetap istiqomah dalam koridor yang ditentukan Tuhan yang maha kuasa. Sehingga mampu memberikan jalan yang akan membawa perubahan kehidpuan kita menjadi lebih baik, kehidupan yang tenang tentram damai sejahtra sepanjang masa. Amiin J

Posting Komentar untuk " Tahun Baru Hijriyah : Momentum Untuk Hijrah Menjadi Yang Lebih Baik"