Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nimbrung di Acara Workshop Dan Asistensi Pelaporan PDDIKTI

Seminar dan  Workshop Asistensi Pelaporan PDDIKTI yang diselenggarakan oleh PUSDATIN (Pusat Data dab Informasi Ilmu Pengetahuan, teknologi, dan Pendidikan Tinggi) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. di Swiss-belHotel Harbour Bay - Batam Kepulauan Riau diselenggarakan tepat pada hari Kamis, 23 Maret 2017. Disini saya mewakili Instansi AK-Tekstil Solo yang kebetulan sebagai operator Administrasi Akademik PDDIKTI untuk menghadiri acara tersebut selama tiga hari, terhitung mulai tanggal 23 - 25 Maret 2017. 

Dalam kesempatan ini peserta terdiri dari seluruh pimpinan instansi dan operator aplikasi Pangkalan Data DIKTI untuk kategori Perguruan Tinggi Negeri Khusus. Yang mana Perguruan Tinggi Negeri khusus yang dimaksud adalah Perguruan Tinggi yang diluar naungan Kementerian RistekDikti atau dibawah naungan Kementerian lain dan Lembaga Pemerintahan lain yang menyelenggarakan pendidikan tinggi, seperti halnya Kementerian Kesehatan,Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Pertanian, Kementerian Perinudstrian. Lembaga Militer, Kepolisian dan lain-lain. Kalau dilihat dari data forlap DIKTI jumlah Pendidikan Tinggi Negeri dari Kemenetrian lain yakni ada 10 Perguruan Tinggi (PT) dari Kementerian Perindustrian, 12 PT dari Kementerian Perhubungan, sedangkan Kementerian Kesehatan memiliki 38 PT, Kemeterian Pertahanan ada 8 PT, Kementerian Kelautan dan Perikanan 4, Kepolisian 2 PT. Lembaga Administrasi Negara 3 PT, Badan Pusat Statistik ada 2 PT, Badan Tenaga Nuklir Indonesia 1 PT dan lain sebagaianya. Daftar seluruh lembaga pendidikan tinggi bisa dilihat dilaman Forlap Dikti

Adapun tujuan diselenggarakanya kegiatan ini diantaranya untuk :  
  • Meningkatkan pemahaman operasional sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi kepada operator pada perguruan tinggi.
  • Memberikan pengetahuan layanan baru pada PDDIKTI, sehingga bisa dimanfaatkan oleh Perguruan Tinggi.
  • Memberikan informasi terbaru terkait kebijakan oleh pada Dirjen dan BAN-PT terkait Pendidikan Tinggi
  • Menciptakan kondisi data yang baik pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi.
Sedangkan acara diisi dari berbagai narasumber yang membidangi dari materi-materi yang direncanakan. Adapun materi hari pertama dimulai pukul. 16.00 dengan agenda materi "Evaluasi dan Konsolidasi Pelaporan" dilanjutkan pemaparan dari Ditjen SDIDI dan Ditjen Belmawa menjelaskan tentang penerapan aplikasi untuk PIN (Penomoran Ijazah Nasional), Sivil (Sistem Verifikasi Ijazah secara elektronik), RPL (Rekognisi Pendidikan Lampau). Sedangkan dari Ditjen Kelembagaan yang lebih banyak menjelaskan tentang pengusulan dosen untuk memperoleh NIDN, NIDK atau NUP melaui aplikasi pengajuan di forlap PDDIKTI. Acara berlangsung sampai pukul 22.00 WIB untuk hari pertama. 



Coretan@fivwae

Posting Komentar untuk "Nimbrung di Acara Workshop Dan Asistensi Pelaporan PDDIKTI"