Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

ANALISIS SECTOR TEKNOLOGI DAN POLITIK


ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL PERUSAHAAN DALAM SECTOR POLITIK DAN TEKNOLOGI DI INDONESIA SAAT INI (2013)



I.          Pendahuluan

       Lingkungan Eksternal adalah Faktor-Faktor diluar kendali perusahaan yang dapat mempengaruhi pilihan arah dan tindakan, struktur organisasi, dan proses internal perusahaan. Factor lingkungan merupakan pengaruh utama terhadap perubahan strategi. Oleh  karena itu perlu analisis dan    diagnosis lingkungan sebelum menentukan pilihan arah dan tindakan.

    Analisis eksternal adalah suatu proses yang digunakan perencana strategi untuk memantau sector lingkungan dalam menentukan peluang atau ancaman terhadap perusahaan. Perusahaan selalu dipengaruhi oleh lingkungan dimana perusahaan berada, pengaruh ini timbul dan berada diluar jangkauan serta biasanya terlepas dari situasi perusahaan. Analisa eksternal digunakan untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman serta kecenderungan masa depan yang digunakan sebagai masukan dalam formulasi strategi.
Analisa ini melihat kecendeungan yang terjadi pada lingkungan eksternal perusahaan yang meliputi aspek :
Lingkungan Ekonomi
Faktor-faktor dominan yang mempengaruhi perekonomian secara menyeluruh seperti : kebijakan moneter, nilai tukar uang, tingkat inflasi, tingkat suku bunga.
Lingkungan Politis
Faktor-faktor kondisi politis suatu negara / kawasan yang mempengaruhi dunia usaha, seperti : perjanjian perdagangan internasional, kebijakan perburuhan, kondisi politik suatu negara, isu-isu hak asasi manuasia dan lain-lain.
Lingkungan Sosial
Faktor-faktor perubahan sosial budaya yang mempengaruhi, seperti : perubahan pola konsumsi, perilaku konsumen, kepekaan konsumen terhadap krisis ekondisi.
Lingkungan Teknologi
Faktor-faktor yang disebabkan oleh perubahan teknologi yang mempengaruhi kebutuhan konsumen, seperti : teknologi informasi, perubahan teknologi produksi, perubahan teknologi produk

I. Analisis Sektor Teknologi
Perkembangan teknologi dalam berbagai bidang khususnya Teknologi Informasi (IT), Biotechnology, Nanotechnology, dan Neuroscience saat ini semakin berkembang dengan pesat. Sebentar lagi masyarakat di dunia akan disuguhkan beberapa macam teknologi yang mungkin selama ini tidak pernah terbayangkan, misalnya mobil terbang, orang terbang, robot yang mirip manusia yang akan membantu pekerjaan kita, dan mungkin akan lebih banyak lagi teknologi-teknologi yang tidak masuk di akal.

Sebagaimana yang telah dilist oleh organisasi IDC Indonesia tentang Information and Communication Technology (ICT), bahwasannya Information dan Communication Technology (ICT) akan memainkan peran penting dalam transformasi perekonomian negara dan untuk membantu dalam pencapaian tingkat perekonomian yang diinginkan. Di tahun 2013, berharap teknologi bisa memainkan peran integral dalam sektor-sektor tradisional, dimana adopsi Information dan Communication Technology (ICT) dalam perusahaan diperkirakan akan meningkat secara sigifikan di tahun-tahun mendatang, yang akan mengalihkan pengeluaran ke daerah-daerah yang akan membantu organisasi dalam mencapai tujuan bisnisnya.  

Berikut ini adalah gambaran atau prediksi perkembangan Teknologi Indonesia ke depan  dari penelitian IDC dan sesi brainstorming internal antara pihak IDC di bebeberapa negara dengan sejumlah analis yang menghasilkan 10 prediksi ICT di tahun 2013 untuk Indonesia.

Pengeluaran berkelanjutan dalam infrakstruktur akan meningkatkan pengeluaran Information dan Communication Technology (ICT) secara vertikal.
Mobile Broadband akan menjadi kunci dalam penggunaan ICT.
Pergerakan startup akan menjadi fondasi dari pembangunan ekosistem ICT.
Kesadaran akan adanya cloud computing akan berubah menjadi pemahaman cloud computing.
Bring-Your-Own-Device (BYOD) akan mengaburkan garis pembatas antara konsumsi perangkat konsumen dan perangkat perusahaan.
Kompetisi yang terlalu ketat di kota besar akan memaksa vendor pembuat PC mencari kesempatan lain di luar pulau Jawa.
Perang antar-sistem operasi mobile terus akan berlanjut.
Permintaan akan layanan data center akan terus meningkat karena sektor tradisional akan mulai menggunakan layanan tersebut.
Chief Information Officer (CIO) akan mengambil peran lebih besar dalam pengambilan keputusan.
IDC berharap di tahun 2013, para vendor mulai mengekspansi mindshare-nya ke bagian Timur Indonesia. 

    Melihat fenomena di atas, maka diharapkan perusahaan sudah memulai persiapan sejak dini. Sebab jika hal tersebut tidak dilakukan, maka perusahaan akan terpuruk menghadapi berbagai perubahan yang radikal akibat kemajuan teknologi.
    
     II.    Analisis Sektor Politik

     Pengaruh politik terhadap sistem ekonomi di Indonesia menjadi sesuatu yang lumrah dan wajar. Kekuasan di setiap negara harus mampu mengatur sistem ekonomi yang kuat untuk mempertahankan kedaulatan ekonomi negara tersebut. Kebutuhan manusia yang merupakan elemen mendasar untuk kelangsungan kehidupan merupakan pendorong kegiatan ekonomi oleh para pelaku ekonomi.

    Arah dan stabilitas politik merupakan pertimbangan utama dari manajer dalam merumuskan strategi perusahaan.  Adapun faktor-faktor eksternal perusahaan dalam secktor politik saat ini yang perlu menjadi perhatian perusahaan sebagai analisis menentukan peluang dan ancaman adalah terkait dengan beberapa hal berikut  : 
  • Tahun 2013 adalah tahun politik, yang akan mengurangi gerak menteri ekonomi yang berasal dari    partai politik.
  • Kebijakan dan aturan-aturan pemerintah yang berkuasa, pada tataran pergantian rezim menjelang tahun 2014.
  • Krisis di kawasan euro, yang belum juga selesai, masih akan berdampak pada penurunan ekspor.
  • Sebagian besar impor berasal dari negara-negara ASEAN (21,35 persen), China (19,23 persen), dan Jepang (15,54 persen). Yang akan mengakibatkan konsumsi BBM bersubsidi makin naik, sehingga impor minyak semakin tinggi.
  • Tahun 2013 pemerintah memastikan hanya akan mengendalikan konsumsi BBM bersubsidi.
  • Bank Dunia dan BI juga memproyeksikan pertumbuhan ekonomi tahun 20136,3 persen.
  • Ketidakepastian ekonomi dunia yang meningkat dan pertumbuhan ekonomi dunia yang masih tertekan membuat serbuan barang luar negeri semakin meningkat.
  • Penetapan kenaikan upah Minumum Karyawan (UMK) yang sangat signifikan di sejumlah wilayah pada tahun 2013 yang mencapai lebih dari 40 % kenaikan.
  • Peraturan perundang-undangan tentang tata laksana penyelenggaraan kewajiban pajak baik perorangan maupun perseroan.
  • Kebijakan Politik Luar Negri
  • Undang-undang ketengaakerjaan

Afivwae                                                                                                                 


REFRENSI

Jauch,R. Laurench, and Glueck, F. William; Manajemen Strategis dan Kebijakan Perusahaan. Edisi ke 3, Erlangga  Jakarta 1988.
 Albert, Tarigan.  website www.Chip.co.id “Prediksi idc tentang perkembangan teknologi di indonesia tahun 2013”
http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com “ Hadapi perkembangan teknologi, Indonesia harus siap diri” posting November 2012
http://obrolanpolitik.blogspot.com/2013/02/kondisi-ekonomi-indonesia-2013-terhadap.html  “ Kondisi ekonomi Indonesia 2013 terhadap pengaruh politik”. Posting Februari 2013
http://politik.kompasiana.com “ Pengaruh politik terhadap system ekonomi di Indonesia” Maret 2013
http://www.portalhr.com/people-management “Dampak UMK 2013 terhadap kebijakan pengupahan perusahaan”. Januari 2013
http://jumrankkazam.blogspot.com “ Lingkungan internal dan eksternal system politik” Desember 2012
http://www.slideshare.net/ecaganesha/manajemen-strategi-lingkungan-luar“Manajeman Strategi Lingkungan luar” 2012
http://anggirsetiyadi.blogspot.com/2012/08 “Perkembangan sains dan teknologi di Indonesia saat ini” Agustus 2012

Posting Komentar untuk "ANALISIS SECTOR TEKNOLOGI DAN POLITIK "