Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Coretan "Research Study"


Coretan kuliah untuk materi Metodologi Penelitian.
Pada pertemuan ke-03 yang di sampaikan oleh Ibu Janti, membahas tentang topik “ Alat-alat Dasar Dalam Mengonsep Sebuah Penelitian (Research Study)”
Adapun tahapan dasar untuk mengonsep sebuah penelitian ada 3 hal, diantaranya yaitu ;
-          Problem Statement ;
-          Research Question
-          Hypotesis

Problem Statement adalah   mengindentifikasi beberapa isu dasar / masalah 
Research Question merupakan sebuah kalimat tanya yang mampu mengindentifikasi sebuah fenomena yang akan diteliti. Pada umumnya Research Question diakhiri dengan kalimat tanya yang bersifat tegas, lugas dan jelas, sehingga tidak memungkinkan ada pemahaman lain terhadap kalimat tanya tersebut.
Hypotesis  merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, di mana rumusan masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk kalimat pertanyaan

Langkah-langkah menuliskan rumusan masalah atau Problem Statement ;
Statement ; menggambarkan suatu keadaan atau isu untuk mencari suatu titik kelemahan dari    permasalahan-permasalahan yang ada untuk dijadikan sebuah topik penelitian.  
Verb ; ( apa yang akan dilakukan ) merupakan salah satu bentuk gamabran umum apa yang akan mau dicapai dari permasalahan – permasalahan yang ada.; Apakah Mengindintifikasi, membandingkan, menggambarkan, meningkatkan, mengembangkan, mengevaluasi, mengukur, mengoptimalkan, ataukah mendsain. 
Key word ; kata kunci dari statement atau topik pembahasan yang akan menjadi titik fokus dalam uraian-uraian yang akan dijabarkan dalam topik penelitian.
­­­

Contoh Problem Statement
Dalam proses pembuatan suatu produk pada umumnya dilakukan melalui beberapa tahapan proses pada beberapa stasiun kerja (departemen). Aliran proses dari suatu stasiun kerja lainnya membutuhkan waktu yang akan berpengaruh tehadap lamanya waktu proses (waktu siklus) produk tersebut. Apabila terjadi hambatan atau ketidak efesienan dalam suatu stasiun kerja akan mengakibatkan tidak lancarnya aliran material (komponen) ke stasiun kerja berikutnya, sehingga menyebabkan dealy (waktu nganggur) , akibatnya waktu siklus akan lebih panjang.  Dan mengakibatkan  lintasan produksi tidak seimbang hal Ini menyebabkan menganggurnya mesin dan tenaga kerja di satu pihak dan sibuknya mesin dan pekerja di pihak lain

Verb                     ; Identify, Measure, Optimise, Improve
Key word            Stasiun Kerja, Waktu Siklus, Delay, Lintasan Produksi, Efesien, Mesin dan Tenaga Kerja

Research Qustion
Bagaimana rencana untuk mengatasi kebanyakan waktu menunggu (balance delay)   dalam  Proses Produksi ?
Bagaimana mengatur lintasan produksi yang baik dan seimbang agar waktu menunggu dapat dikurangi sehingga dapat meningkatkan efesiensi produksi ? 


2 komentar untuk "Coretan "Research Study""