Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Catatan Kecil di Tanah Baru

Alhamdulillah, usai sudah tugas saya di Politeknik AKA Bogor di Jl. Pangeran Sogoro Tanah Baru-Kota Bogor. Yang mana lemabaga pendidikan masih dibawah naungan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementrian Perindustrian. Dua bulan sudah menghabiskan waktu di kota hujan untuk belajar menyerap ilmu yang belum pernah kupelajari secara detail selama di perguruan tinggi. Tentunya ilmu baru bagi saya, yakni belajar teori dan praktik tentang ilmu Kimia Analisis. Begitu awam sekali saya tentang ilmu ini, meskipun dahulu pernah saya pelajari saat duduk dibangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun saya belum pernah memegang peralatan-peralatan praktikum dan belum begitu mengenal nama-nama serta jenis-jenis peralatan di laboratorium kimia. Disini saya dikenalkan, dimbimbing dan diarahkan dengan baik oleh seluruh tenaga pengajar, instruktur dan karyawan disni. Oleh sebab itu dalam kesempatan kali ini saya ucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Maman selaku Direktur di Politeknik AKA Bogor yang telah menyambut dan menerima saya dengan baik, yang memasrahkan saya kepada staff-staff dan karyawannya sehingga saya dilayani dengan baik selama saya berada disini. Kepada Ibu Sri selaku Pembantu Direktur 2, yang mengawal dan mengarahkan saya pertama kali pada setiap kegiatan yang saat itu belum terjadwal. Beliau telah mengarahkan dan memberikan instruksi kepada bawahan nya yang saya akan tempati untuk belajar di hari pertama, sehingga saya tinggal menerima penjelasan sesuai yang saya butuhkan, dimulai dari sistem pengolaan di jurusan dan dibagaian akademik dan kemahasiswaan. Kepada seluruh instrukur di laboratorium khusunya di lab instrumen dan lab analitik yakni Bu Imas dan Bu Lina dkk terima kasih atas bimbingannya dan telah mengajar saya selama ini.

Banyak cerita yang  menghiasi hari-hari saya selama berada di Bogor. Keluarga baru, lingkungan baru dan budaya baru di lingkungan ini. banayak yang dapat saya ambil dan saya serap segala peristiwa disni. Mulai dari musibah di minggu pertama bermukim di bogor, dengan hilangnya laptop dan Hp. sungguh terpukul dan sedih dokumen-dokumen yang telah tersimpan rapi di dalam laptop, hangus tak ada bekas mengilang pergi tanpa permisi, sungguh sedihnya aku waktu itu melihat pristiwa yang terjadi. Namun semua itu adalah kehendak ilahi, rasa marah dan kecewa kutekankan dan kuusir jauh-jauh dari perasaanku, berfikir positif dan mengambil hikmah dari pristiwa tersebut yang coba ku tunamkan di dalam pola pikir saya. Sehingga di hari pertama kehilanganpun aku tak merasa sedih dan tak mengeluh sama sekali kepada siapapun yang aku temui. Belajar tabah seakan tak terjadi apa-apa, karena dalam hati saya mencoba berkata "ini jalan Tuhan untuk mengganti semua barang yang aku miliki saat ini".

Selain kisa memilukan juga kisah yang menarik bagi saya, saat saya dilayani dengan baik oleh seluruh civitas akademik di AKA Bogor. Sambutan yan hangat, terbuka memberikan materi dan informasi merupakan hal yang istimewa yang saya rasakan saat berada disana. Kekeluargaan terbangun dengan cepat seakan kita sudah lama mengenal satu sama lainya. Budaya sunda dan makanan sunda telah menjadi pengalaman dalam pertualangan saya. Meskipun akhir-akhirnya merasa lelah dan jenuh atas kegiatan-kegiatan yang berlangsung saat berada disana. Mungkin pahit manis selalu ada dalam kehidupan ini, itu memang konsekuensi yang harus diterima. 

Selebihnya saya akan mengucapkan beribu-ribu maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan saya selama belajar disana. Segala tindakan dan prilaku saya yang kurang berkenan saya mohon maaf. Sekali lagi terima kasih atas semuanya, yang telah menorehkan kisah dalam pengalaman hidupku. Terima kasih saya ucapkan kepada semua staff di BAAK, Jurusan, Laborian Instrumen, Analitik & Uji, yang tak bisa saya sebut satu-persatu semua namanya. Kepada bapak & ibu dosen terima kasih banyak  telah berbagi ilmu kepada saya. Dan akihrnya saya ucapkan selamat jalan AKA, selamat jalan Tanah Baru, selamat jalan kota hujan akhir yang indah akan menjadi sejarah atas kekeluargaan yang kita mulai bersama, semoga barokah.Amiiin.





Coretan@fivwae


Bogor, 12 Juni 2015

Gedung Politeknik AKA Tanah Baru - Bogor

Posting Komentar untuk "Catatan Kecil di Tanah Baru "