Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Canada: Vancouver on my trip (1)

Pada akhir Agustus tahun 2023, petualangan pertama di Benua Amerika dimulai. Setelah melangkahkan kaki dari Asia Tenggara menuju ke Asia Timur (Korea Selatan), kini mengantarkan saya ke Benua Amerika. Ini adalah pengalaman pertama bepergian lintas Benua. Tujuan perjalanan ke Benua Amerika yakni ke Negara Canada, tepatnya ke Kota Vancouver, British Columbia, Canada. Ini adalah sebuah pengalaman luar biasa yang tak terlupakan. Melangkahkan kaki di tanah asing yang menawarkan harmoni unik antara perkotaan klasik dan modern yang terpadu dalam sebuah gedung-gedung yang menjulang tinggi di area perkotaan. Perjalanan ini bukan sekedar destinasi wisata, melainkan sebuah proses pendidikan dan pertualangan hidup yang menggambarkan bagaimana proses perjalanan lintas batas yang diawali dengan mimpi menjadi sebuah kenyataan. Melalui catatan ini, saya berbagai kisah perjalanan ke Negara Amerika Serikat dan Canada sebagai kisah yang bisa dikenang dan motivasi untuk proses perjalanan berikutnya.

Suasana kota Vancouver

Tepat pada tanggal 26 Agustus 2023 dari Bandara Incheon, Seoul, Korea Selatan (Korsel) saya dan 2 teman dari Korea terbang ke Los Angles (LA), Calivornia, Amerika Serikat untuk transit menuju ke Vancouver, Canada. Tujuan utama saya adalah menghadiri konferensi, yaitu Conference of Very Large Data Base (VLDB), yang berlangsung selama 5 hari. Dengan perjalanan dari Seoul ke LA kurang lebih memakan waktu 17 jam di atas pesawat, lanjut lagi dari LA ke Vancouver kurang lebih 3,5 jam, jadi total perjalanan memakan waktu hampir 24 jam atau 1 hari. Sehingga kurang lebih selama 7 hari saya meninggalkan keluarga untuk menempuh perjalanan dari Korsel ke Canada. Saya berangkat dari Korsel karena saat ini saya sedang berdomisili di Korsel dalam rangka menempuh pendidikan. Begitupula saya pergi ke Canada diberi sponsor dari Professor pembimbing saya. Sehingga seluruh biaya penerbangan, akomodasi, konferensi dan uang makan selama 7 hari dipenuhi dari Professor saya. Ya mungkin ini adalah salah satu rezeki yang tidak disangka-sangka. Mungkin ini jalan Tuhan mewujudkan segala impian yang diinginkan. Oleh sebab itu jangan pernah berhenti bermimpi 😊.

Setiba di Bandara Vancouver pukul 02.00 am dini hari waktu setempat di hari ahad. Kami langsung menuju ke penginapan yang telah kami pesan sebelumnya secara online. Kami diantar taxi bandara ke tempat penginapan yang tidak terlalu jauh, kurang lebih memakan waktu 45 menit. Penginapan kami berupa homestay atau villa yang cukup nyaman untuk kita tinggali ber-3 selama 5 malam 6 hari. Jadi saat datang kami langsung membuka pintu yang berkunci dengan kode pasword yang telah diberikan oleh owner saat pemesanan. Tempat tinggal kami sungguh sangat nyaman sekali terdiri dari 3 kamar tidur, 2 kamar mandi, ruang makan atau meja makan, dapur beserta perlengkapanya dan ruang keluarga yang menawan disertai TV, Shofa yang memanjakan para tamu untuk menempatinya. Namun saya tidak mengingat alamat tempat tinggalnya dan nomor rumahnya, karena yang memesan akomodasi ini adalah teman saya yang berwarga negara Korea. Berikut akan saya tunjukan beberapa dokumentasi tempat penginapan yang sangat nyaman, sangat cocok untuk berpetualang bersama keluarga atau kolega yang banyak.

Tempat penginapan selama di Vancouver, British Columbia, Canada

Homestay ini terletak di sebuah lingkungan yang tenang dan damai, jauh dari hiruk-pikuk perkotaan yang sibuk. Suasana sekitarnya begitu alami, dengan pepohonan yang rindang dan aroma segar udara di musim gugur. Dimana suhu saat itu relatif rendah sekitaran suhu 12-14 celcius, sungguh sangat sejuk seperti halanya di pegunungan kalau di Indonesia. Rumah-rumah juga memiliki desain yang unik , menyatu dengan alam sekitarnya dengan jendela yang besar yang memberikan pemandangan ke taman yang mempesona. Homestay ini juga memiliki taman yang cukup luas dari sisi depan dan belakang rumah. Saya sempatkan pagi hari di hari pertama untuk jalan-jalan mengelilingi area tersebut, untuk melihat suasana yang sungguh sangat mengesankan.

Teras homestay dengan halaman yang cukup luas disertai meja dan kursi untuk nyeruput kopi di pagi hari.

Homestay arah ke dapur nampak dari atas depan kamar tidur

Suasana lingkungan sekitar tempat penginapandi Vancouver

Beberapa rumah tempat tinggal para warga di Vancouver

Susana yang tenang dari hiruk piruk perkotaan, namun akses transportasi umum sanagat memadai untuk menuju kota.

Salah satu homestay tampak dari depan saat malam hari

Mungkin sampai disni dulu yang bisa saya ceritakan dalam coretan ini untuk part pertama, mungkin selanjutnya explore tempat-tempat dan sopts vancouver akan saya uraikan di part berikutnya bila sempat hehe 😀. Saya tunjukan beberapa foto dokumentasi untuk menggambarkan suasana di sekitar penginapan di Vancouver. Sebagai pengingat saat rindu akan suasana yang tenang dan nyaman selama pertualangan di kota ini.

**********************************************************************************
27 Agustus 2023,
Vancouver, British Columbia, Canada.